PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI E-COMMERCE PADA GENERASI MILLENIAL DI ERA COVID 19

(1) UIN Fatmawati Sukarno

Abstract
Abstrak
Penduduk Indonesia mayoritas terdiri dari Generasi Millenial. Generasi millennial atau biasa disebut dengan Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara 1977-1998. Pandemi covid 19 yang melanda Indoensia menyebabkan perubahan hidup yang signifikan dihadapi oleh masyarakat termasuk Generasi Millenial. Penggunaan internet meningkat, kemudahan berbelanja melalui online juga meningkat dan penggunaan terhadap aplikasi e-commerce tersebut juga meningkat dan cenderung menjadi perilaku konsumtif. Namun disisi lain PHK juga meningkat. Dari tulisan ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif generasi millennial melalui E-Commerce di Era Covid 19 karena faktor internal dan faktor eksternal. Dalam perspektif Ekonomi Islam perilaku konsumtif merupakan perilaku yang berlebih-lebihan (israf), pemborosan (tabzir) dan bertentangan dengan konsep maslahah teori konsumsi ekonomi Islam. Dalam teori ekonomi Islam seorang Muslim itu dituntut untuk produktif bukan konsumtif jika ingin meningkatkan perekonomian.
Keyword: Ekonomi Islam, Perilaku Konsumtif, Generasi Millenial, Covid-19
Keywords
References
Abu, Darwis. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2006.
Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya Ulumuddin jilid II. Beirut : Dar an-Nahdah, t.t.
As-Shadr, Syahid Muhammad Baqir. Keunggulan Ekonomi Islam. Penerjemah M.Hashem (Islam and Schools of Economics). Pakistan : Pustaka zahra, 2002.
Mannan, M.A. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta : PT Dana Bhakti Wakaf, 1995.
Marton, Said Saad. Ekonomi Islam Ditengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta : Zikrul Hakim, 2006.
Metwally, UK. Teori dan Model Ekonomi Islam. Jakarta : Bangkit Daya Insani, 1995.
Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2006.
P3EI. Ekonomi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Siddiqi, Muhammad Nejatullah. Some Aspects of The Islamic Economy, (terj), Ramadhani, Cet.I, Solo :1996.
Sholahudin, M. Asas-asas Ekonomi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2007.
APJII, Buletin. “Apjii.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indinesia, 2020. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020.
Arif, Zainal. “Optimalisasi Peluang Dan Tantangan Ekonomi Islam Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1, no. 1 (2019): 89.
Haekal, Muhammad Fikri, Muhammad Supian, and Winda Sabrina. “Efektivitas Penetapan PSBB Dalam Menurunkan Perilaku Konsumtif Masyarakat Pada Masa Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 93–98.
Harries Madiistriyatno & Dudung Hadiwijaya. “Generasi Milenial Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis Dan Adversity Quotient (AQ)” (2020).
Ngadi, Ngadi, Ruth Meliana, and Yanti Astrelina Purba. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia.” Jurnal Kependudukan Indonesia 2902 (2020): 43.
Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, et al. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7, no. 1 (2020): 45.
W, R Willya Achmad, Marcelino Vincentius Poluakan, Didin Dikayuana, Herry Wibowo, and Santoso Tri Raharjo. “Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2, no. 2 (2020): 187.
Article Metrics
Abstract View

Refbacks
- There are currently no refbacks.