PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI E-COMMERCE PADA GENERASI MILLENIAL DI ERA COVID 19

Herlina Yustati(1),


(1) UIN Fatmawati Sukarno
Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penduduk Indonesia mayoritas terdiri dari Generasi Millenial. Generasi millennial atau biasa disebut dengan Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara 1977-1998. Pandemi covid 19 yang melanda Indoensia menyebabkan perubahan hidup yang signifikan dihadapi oleh masyarakat termasuk Generasi Millenial. Penggunaan internet meningkat, kemudahan berbelanja melalui online juga meningkat dan penggunaan terhadap aplikasi e-commerce tersebut juga meningkat dan cenderung menjadi perilaku konsumtif. Namun disisi lain PHK juga meningkat. Dari tulisan ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif generasi millennial melalui E-Commerce di Era Covid 19 karena faktor internal dan faktor eksternal. Dalam perspektif Ekonomi Islam perilaku konsumtif merupakan perilaku yang berlebih-lebihan (israf), pemborosan (tabzir) dan bertentangan dengan konsep maslahah teori konsumsi ekonomi Islam. Dalam teori ekonomi Islam seorang Muslim itu dituntut untuk produktif bukan konsumtif jika ingin meningkatkan perekonomian.

 

Keyword: Ekonomi Islam, Perilaku Konsumtif, Generasi Millenial, Covid-19


Keywords


Ekonomi Islam; Perilaku Konsumtif; Generasi Millenial; Covid-19

References


Abu, Darwis. Pengubahan Perilaku Menyimpang Murid Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas, 2006.

Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya Ulumuddin jilid II. Beirut : Dar an-Nahdah, t.t.

As-Shadr, Syahid Muhammad Baqir. Keunggulan Ekonomi Islam. Penerjemah M.Hashem (Islam and Schools of Economics). Pakistan : Pustaka zahra, 2002.

Mannan, M.A. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta : PT Dana Bhakti Wakaf, 1995.

Marton, Said Saad. Ekonomi Islam Ditengah Krisis Ekonomi Global. Jakarta : Zikrul Hakim, 2006.

Metwally, UK. Teori dan Model Ekonomi Islam. Jakarta : Bangkit Daya Insani, 1995.

Muflih, Muhammad. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2006.

P3EI. Ekonomi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Siddiqi, Muhammad Nejatullah. Some Aspects of The Islamic Economy, (terj), Ramadhani, Cet.I, Solo :1996.

Sholahudin, M. Asas-asas Ekonomi Islam. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2007.

APJII, Buletin. “Apjii.” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indinesia, 2020. https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020.

Arif, Zainal. “Optimalisasi Peluang Dan Tantangan Ekonomi Islam Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.” Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1, no. 1 (2019): 89.

Haekal, Muhammad Fikri, Muhammad Supian, and Winda Sabrina. “Efektivitas Penetapan PSBB Dalam Menurunkan Perilaku Konsumtif Masyarakat Pada Masa Covid-19.” Jurnal Kajian Ilmiah 1, no. 1 (2020): 93–98.

Harries Madiistriyatno & Dudung Hadiwijaya. “Generasi Milenial Tantangan Membangun Komitmen Kerja/Bisnis Dan Adversity Quotient (AQ)” (2020).

Ngadi, Ngadi, Ruth Meliana, and Yanti Astrelina Purba. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Phk Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia.” Jurnal Kependudukan Indonesia 2902 (2020): 43.

Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, et al. “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7, no. 1 (2020): 45.

W, R Willya Achmad, Marcelino Vincentius Poluakan, Didin Dikayuana, Herry Wibowo, and Santoso Tri Raharjo. “Potret Generasi Milenial Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2, no. 2 (2020): 187.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.