PENGARUH PEMASARAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH IAIN BENGKULU

Yenti Sumarni(1),


(1) IAIN Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Perguruan tinggi hendaknya memahami mahasiswa, karena akan dapat mengenal karakteristik sebagai pembeli maupun cara seorang pembeli membuat keputusan dan faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membuat keputusan. Melalui teori penelitian terdahulu  dan penelitian lapangan mempertegas teori mengenai  konsep program pemasaran jasa perguruan tinggi dalam mempengaruhi pemilihan program studi Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu. Hasil pengujian Analisis secara  Uji Parsial (Uji t) pengaruh variabel  Promosi secara parsial mempengaruhi terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN sedangkan uji parsial  (uji-t) variabel biaya pendidikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih kuliah pada Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu”, artinya biaya pendidikan sebagai salah satu variabel dalam strategi bauran pemasaran yang terpakan tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Prodi Ekonomi Syariah Islam Fakultas Ekonomi Syariah Islam IAIN Bengkulu

 

Kata Kunci : Pemasaran, Pemilihan

Keywords


Pemasaran; AKADEMIK;Sharia; SYARIAH; Financial; Banking; Islamic;

References


Alfansi L (2012) “ Pemasaran Jasa Finansial”. Jakarta : Salemba Empat.

Alma, Buchari, (2005), “Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan”, Cetakan Kedua,

Iftitaarika, (2011) Pemasaran Lembaga Pendidikan diakses dari: http://iftitaarika.wordpress.com/2011/01/30/pemasaran-lembaga-pendidikan/ (18 Agustus 2017)

Isnaini, 2002. Analisis Pengaruh Variabel-variabel Bauran Pe masaran Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Malang http://www. repository.usu.ac.id/bitstream/.../4277/.../08E00070. (30 Agustus 2017).

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Jakarta: Universitas Diponegoro.

Kawung (2006) “faktor bauran pemasaran 7p berpengaruh terhadap pilihan mahasiswa Politeknik Menado” . Thesis tidak dipublikasikan.Malang Program Pasca Sarjana FE-UB Malang

Kotler, Philip. (2005), Manajemen Pemasaran, (edisi Milenium) (Terjemahan Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benjamin Molan). Jakarta: PT. Indeks.

___________. (2003). Principles of Marketing, (Eight Edition). New York: Prenhalindo.

___________., Kevin Lane Keller. (2010). Manajemen Pemasaran. (Edisi 13).( Jilid 2). Jakarta: PT. Indeks

Kuncoro, Mudrajat. 2003. “Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis”, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, (Edisi Ke-2) Jakarta: Salemba Empat.

Patulak (2011) Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Proset Terhadap Keputusan Mahasiwa Memilih Jurusan Ilmu Komputer Fakultas MIPA Universitas Mulawarman Samarinda: Jurnal Informatika Mulawarman Vol . 6 No.2.

Samboro (2013) Analisa price, promotion, process dan physical evidence keputusan mahasiwa memilih Politeknik Negeri Malang. http://elibrary.ub.ac.id/bitstream/.pdf (20 Agustus 2017)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. (edisi Ke-9) Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 61 times
PDF Download : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.