REDEFENING PENDIDIKAN KARAKTER; (MENGEMBALIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA AL-QURAN)

Pasmah Chandra(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Abstract

The purpose of this study is to determine the redefinition of character education sourced from the Koran, especially the At-Tahrim verse verse 6. This type of research is library research. The research is carried out by examining the relevant sources with the problems discussed by conducting in-depth analysis. The result is the concept of family as the first and foremost source which contributes greatly to the development and mental and physical growth of children in their lives. In addition, the family for children is the most strategic place to fill and equip the values of life needed by children who are looking for the meaning of life. The success of children's education in the family when the child is at an early age, will greatly affect the success of education in the next period. So how important is education carried out in the family. Attention regarding family education is not only directed by the members of the family concerned, but by all levels of society. This implies how the family is a part of social life.
Keywords:
Educational Patterns, Children's Characteristics


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pendifinisian ulang pendidikan karakter yang bersumber dari Al-Quran, khususnya Surat At-Tahrim ayat 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Penelitain dilakukan dengan mengkaji sumber-sumber yang relevan dnegan permasalahan yang di bahas dengan melakukan analisis secara mendalam. Adapun hasilnya konsep keluarga adalah sebagai sumber pertama dan utama yamg memberikan sumbangan sangat besar bagi perkembangan dan pertumbuhan mental maupun fisik anak dalam kehidupannya. Selain itu, keluarga bagi anak merupakan suatu tempat yang paling strategis dalam mengisi dan membekali nilai-nilai kehidupan yang dibutuhkan oleh anak yang tengah mencari makna kehidupan. Keberhasilan pendidikan anak dalam keluarga ketika anak berada dalam usia dini, akan sangat berpengaruh pada keberhasilan pendidikan pada periode berikutnya. Jadi betapa pentingnya pendidikan yang dilaksanakan dalam keluarga. Perhatian mengenai pendidikan keluarga tidak hanya ditujukan oleh anggota-angota keluarga yang bersangkutan, melainkan oleh segenap lapisan masyarakat. Hal ini mengisayaratkan betapa keluarga itu merupakan bagian dalam kehidupan bermasyarakat.
Kata Kunci:
Pola Pendidikan, Karakter Anak

Keywords


Pola Pendidikan; Karakter Anak

References


Al-Mahalli, Jalaluddin dan As-Suyuti, Jalaluddin. 2014. Tafsir Jalallain (Terjemah). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Hurlock, Elizabeth B. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.

Ilyas, Yunahar. 2005. Kuliah Akhlak. Yogayakarta: LPPI.

Katsir, Ibnu. 2008. Tafsir Ibnu Katsir (Terjemah). Jakarta: Pustaka Imam Syaffi’i.

Kholidah, Lilik Nur. 2009. Metode dan teknik Pembelajatan Pendidikan Agama Islam. Bandung: Aditama.

Muchtar, Heri Jauhari. 2008. Fikih Pendidikan. Bandung: Rosda.

Ramayulis. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saebani. 2010. Ilmu Akhlak. Bandug: Pustaka Setia.

Shihab, M. Quraish. 2011. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.

Suryaman, Filsafat Pendidikan, Diambil dari www.suryamananugerah.blogspot.com diakses tanggal 10 Oktober 2016.

Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.