“BUAH NAGA BUKAN SEKEDAR BUAH” DARI EKSISTENSI HINGGA STRATEGI: PENGUATAN BUAH NAGA DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEMISKINAN DAN MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI)

Dina Oktavia(1),


(1) IAIN Jember
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ingin mengetahui keberadaan buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi dan menganalisis buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: pertama, bagaimana eksistensi buah naga sebagai pemicu turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi? Kedua, bagaimana analisis eksistensi buah naga sebagai pemicut turunnya tingkat kemiskinan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, karena peneliti ingin mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, dan aktivitas sosial pasca terjadinya aktifitas proses penanaman dan penjualan Buah naga. Temuan dalam penelitian ini ialah: pertama, turunnya angka tingkat kemiskinan di kota Banyuwangi, kedua, menigkatnya perekonomian masyarakat Banyuwangi, ketiga, masyarakat menjadi sejahtera dan memperoleh keuntungan yang melimpah. Kegiatan tersebut dianggap masyarakat bisa mensejahterahkan masyarakat Banyuwangi, kegiatan penanaman dan penjualan buah naga tersebut tidak pelak lagi memunculkan persatuan dan saling bekerja sama dalam masyarakat. Ada masyarakat yang setuju (pro) terhadap keberadaan buah naga, Namun tidak sedikit pula yang menolak (kontra).
Kata kunci: Buah Naga, Teori Ekonomi Syariah, Makro Ekonomi Islam, Ekonomi Pembangunan

Keywords


PEREKONOMIAN MASYARAKAT;Ekonomi; Ekonomics

References


Abdul Ghofur Noor, Ruslan. 2013. Konsep Distribusi Dalam Ekonomi Islam: Dan Format Keadilan Ekonomi Di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aji Nugraha, Taufik. 2015.“Analisis keuntungan dan Daya Saing Usaha Tani Buah Naga di Desa Marga Jasa Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan”, Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung. 1-3.

Ginting,Hendry ekbis.rmol.co. Sejahtera Berkat Buah Naga ala Petani Banyuwangi. jam 15.13. diakses pada tanggal 19 Februari 2018.

Gusman, “Analisis Faktor Penyebab Kurangnya kemampuan Siswa Dalam Baca Tulis Al-Qur’an di MTSN Kedurang Bengkulu Selatan”, (jurnal, Bengkulu Selatan), 233.

Hima“ Laporan Lengkap PKL Buah Naga”, https://plus.google.com/105966439888542626674/posts/Aspe84QeN9W ( 23Februari 2018) diakses pada jam 23.00.

https://www.banyuwangikab.go.id. Buah Naga Organik Banyuwangi Tembus pasar Nasional

https://www.jpnn.com/news/hasil-panen-buah-naga-melimpah-harga-hancur-lebur. Diakses pada tanggal 24 Februari 2018, jam 06.45 WIB.

Krisnakai, “Pengertian Buah Naga”, https://bukuteori.com/2017/08/26/pengertian-buah-naga. (22 Februari 2018). Diakses pada jam 19.45.

Pusat Pengkajian dan pengembangan Ekonomi Islam, 2014. Ekonomi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Putri akmal “ Banyuwangi proyeksikan pertumbuhan ekonomi 6,57persen tahun 2018. https: //m.detik.com. berita Jawa Timur.

Rozalindo. 2015. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.

Siagian, Sondang P. 2011. Manajemen Stratejik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukirno, Sadono. 2011. MakroEkonomi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strateg. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Zuhrofial Imaniah, “Ekonomi Makro Islam Konsep dasar, data, dan Indikator Pengukuran Kegiatan Ekonomi”, https://www.slideshare.net/zuhrofialimaniah/ekonomi-makro-islam-42818009 (21 Februari 2018). Diakses pada jam 21.30 WIB


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 133 times
PDF Download : 446 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.