PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KUALITAS RELASIONAL PELAYANAN PEMBAYARAN UKT IAIN BENGKULU

Ahmad Nazir(1),


(1) IAIN Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengukur pengaruh kualitas pelayanan terhadap. Objek dari penelitian ini adalah Mahasiswa IAIN Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kualitas Relasionalmahasiswa IAIN Bengkulu. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan mahasiswa IAIN Bengkulu dalam melaksanakan pembayaran UKT berpengaruh terhadap kualitas relasional dari maahsiswa itu sendiri, hal ini sesuai dengan kondisi lapangan karena suatu mahasiswa dapat dengan memperoleh update infromasi pembayaran UKT dengan baik dengan adanya fitur yang diebrikan oleh bank mitra pembayaran.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Relasional, UKT

Keywords


UKT; Kualitas Pelayanan, Relasional

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Rousan, M. Ramzi, Badaruddin Mohamed. 2010. Customer Loyalty and the Impacts of Service Quality: The Case of Five Star Hotels in Jordan, International Journal of Human and Social Sciences, Volume 5. No. 1 pp. 13-23.

Bandalos, D.L. (1993). Factors influencing the cross-validation of confirmatory factor analysis models. Multivariate Behavioral Research, 28(3), 351-374.

Beatson, Amanda T., Gudergan, Siegfried, & Lings, Ian (2008) Managing service staff as an organizational resource : implications for customer service provision. Services Marketing Quarterly

Browne, M.W. dan Cudeck, R. (1993). Alternative Ways of Assessing Model Fit. Sociological Methods & Research, 21(2), 230-258.

Buchari Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta

Chiu, Y.J., Chen, H.C., Tzeng, G.H. dan Shyu, J.Z., (2006), “Marketing strategy based on customer behavior for the LCD-TV,” International Journal of Management and Decision Making, Vol. 7

Christina widhya, utami. 2011. Buku Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Revisi 1. Bandung: Alfabeta

Durianto, Darmadi, et al. (2004a). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset dan Perilaku Merek. Cetakan ketiga. PT Gramidia Pustaka Utama, Jakarta.

Dessler, Gary. 2000. Manajemen Personalia, Jakarta:Prehalindo

Diamantopaulus, A., dan Siguaw, J.A. 2000. Introducing LISREL: A guide for the uniniated. Sage Publications.

Egan, John, 2001, Relationship Marketing, Exploring Relational Strategies in Marketing, l st edition, Prentice Hall

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,

Greenberg, J; Baron, A. 2003.Behavior in Organizations: Understanding and Managing the Human Side of Work. NJ: Prentica Hall

Griffin , Jill. (2005). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Penerbit : Erlangga, Jakarta

Gibson, Ivancevich, Donnely. 1997. Organizations (Terjemahan), Cetakan Keempat, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Hair, J.F.Jr., Anderson, R.E., Tatham, R.L., & Black, W.C. (1998), Multivariate Data Analysis 5th Ed., Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Hunt, S. D. (2000). A general theory of competition: Resources, competences, productivity, and economic growth. Thousand Oaks: Sage Publications, Inc.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta:Salemba Empat

Malhotra, N.K. (2004), Marketing Research: An Applied Orientation, New Jersey: Prentice Hall.

Mohaghar, Ali dan Ghasemi, Rohollah. 2011. A Conceptual Model for Cooperate Strategy dan Supply Chain Performance by Structural Equation Modeling a Case Study in the Iranian Automotive Industry, European Journal of Social Sciences – Volume 22

Ping Pi, Wang and Hong Huang, Hsieh. 2011. Effect of Promotion on Relationship Quality and Customer Loyalty in the Airline Industry: The Relationship Marketing Approach

Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. PT Indeks Group Gramedia, Jakarta

Storbacka, Kaj & Jarmo R. Lehtinen. 2001. Customer Relationship Management: Creating Competitive Advantage Through Win-Win Relationship Strategies. McGraw-Hill. Singapore

Stiawan, E. (2020). Keunikan Jamaah dalam Merespon sebuah Konten Loyalitas Agen Travel Umrah Dimediasi oleh Kualitas Relasional. Jurnal Pasar Modal Dan Bisnis. https://doi.org/10.37194/jpmb.v2i1.41

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Bandung: PT Alfa Beta

Timpe, A. Dale. 1992. The Art and Science of Business Management Performance, Mumbai: Jaico Publishing House.

Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. ANDI,Yogyakarta.

Yoeti,Oka A. 2006. Pemasaran Pariwisata. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa

Zeithaml, Valerie.A, and Mary Jo Bitner. 1996. ”Services Marketing.” Mc.GrawHill Company, New York

Zeithaml, V.E & M.J. Bitner. (2003). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 3rd Ed. Boston: McGraw – Hill/Irwin


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.