Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembentukan Perdes di Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat
Keywords:
Metode Demonstrasi, Belajar, Hasil Belajar, Tata cara wudhuAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Cara Wudhu dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I MI DH Nurussa’adah tahun 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas I MI DH Nurussa’adah. Dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara wudhu selama ini guru menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa belum sesuai yang diharapakan, karena masih banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Dalam kenyataannya masih banyak siswa yang belum faham dan mahir dalam melaksanakan praktek wudhu. Dari 15 siswa kelas I MI DH Nurussa’adah, terdapat 15 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil belajar pada siklus I ditemukan 2 siswa (39 %) tidak tuntas, 13 siswa (61 %) tuntas dalam belajar