DAMPAK KONDISI EKONOMI TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMA NEGERI 10 REJANG LEBONG

Helmi Helmi(1),


(1) SMA N 2 Rejang Lebong
Corresponding Author

Abstract


Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang keefektifan proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif. Dalam penelitian ini, responden yang berkaitan sebanyak 5 orang dari SMA Negeri 10 Rejang Lebong, terdiri dari 2 guru, 2 wali murid, dan 1 murid. Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti memberi nama responden P1, P2, P3, P4, dan P5. Wawancara dilakukan terstruktur dengan pertanyaan yang disusun dan dikaitkan serta dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah kurang efektif nya pembelajaran daring terkait dengan saran dan prasarana kegiatan.
Kata kunci : Pembelajaran online, efektifitas, pandemi Covid-19

Abstract
The purpose of this study was to obtain information about the effectiveness of the online learning process during the Covid-19 pandemic. The research used a qualitative exploratory method with an inductive approach. In this study, 5 respondents from SMA Negeri 10 Rejang Lebong consisted of 2 teachers, 2 guardians and 1 student. To maintain the confidentiality of the respondent's identity, the researcher gave the names of the respondents P1, P2, P3, P4, and P5. Structured interviews were conducted with questions that were compiled and linked and developed with related literature. The result of this research is the ineffective online learning related to activity suggestions and infrastructure.

Key word : online learning, effectivity, covid-19

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian. Bandung : Rosda Karya

Aji, Rizqon Halal Syah (2020) SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

(online) Tersedia : http://journal.uinjkt.ac.id (diakses : 25 Juni 2020)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (2014). Panduan Pengembangan dan Penyelenggaraan KDITT, Jakarta: Kemendikbud,

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Zahrotunni’mah. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i Vol. 7 No. 3 (2020), pp.247- 260, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15103. (Online) Tersedia: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15103. (Diakses : 26 Juni 2020)

Susilo, Adityo dkk. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia Vol. 7, No. 1 (2020), pp.45-67 (Online) Tersedia : http://ocw.ui.ac.id (diakses : 26 Juni 2020)

Ginting, Henndy. (2020). Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID-19. Tulisan Edukasi HIMPSI di Masa Pandemi COVID-19 – Seri 14. (Online) Tersedia : https://Covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/perubahan-perilaku-sebagai-respon-terhadapwabah Covid-19 (Diakses : 26 Juni 2020)

Sayekti,Lina.et all. (2019) Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, Vol. 1 No. 2 (2019): 151-160 DOI : http://dx.doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067 (Online) Tersedia : http://journal.walisongo.ac.id/index.php/jit/article/download/4067/2299 (Diakses : 26 Juni 2020)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.