Upaya Meningkatkan Pemahaman Ketentuan Zakat Fitrah Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas V Di Mi Al-Huda Karang Melati Oku Timur
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran Problem Solving pada pembelajaran Fiqih siswa kelas V MI AL-Huda Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada cara penyelesaian masalah (Jawaban) dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri serta pencarian informasi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Solving ini mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil tiap siklus yang dilakukan. . Dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Dari hasil yang peneliti peroleh hasil belajar fiqih peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan media audio visual. Ini di buktikan dengan persentase hasil belajar pada tahap 1 50 %, tahap 2 88% dan tahap 3 99 %. Dari hasil inilah peneliti bersumsi bahwa hasil belajar mengalamai peningkatan. Karena semua peserta didik sudah melebihi batas KKM yang di tentukan sekolah yaitu 70.