PERANAN ADMINISTRASI BISNIS DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA

Lenda Surepi(1), Azwar Rahmat(2), Resi Julita(3),


(1) STIESNU Bengkulu
(2) STIESNU Bengkulu
(3) STIESNU Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Abstract: In the field of business, administration includes carrying out business operations, namely making and implementing major decisions for the organization. Therefore, administration can be defined as a universal process that organizes people and resources efficiently, in such a way as to direct the activities of the organization towards common goals and objectives. The focus of business administration science is to lead the business, in the sense of setting direction and managing organizational processes at a macro level to get optimal results from existing resources. The ability of a business administrator is not only measured by how efficient and effective he leads, but a more basic question.
Keywords: business administration, usa development strategy

Abstrak : Bidang bisnis, administrasi adalah mencakup penyelenggaraan operasi-operasi bisnis, yakni membuat dan mengimplementasikan keputusan-keputusan besar (major decision) bagi organisasi. Oleh karena itu, administrasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses universal yang mengorganisasikan manusia dan sumberdaya secara efisien, sedemikian rupa sehingga mengarahkan kegiatan-kegiatan organisasi kepada sasaran-sasaran dan tujuan bersama. Titik-berat ilmu administrasi bisnis adalah memimpin bisnis, dalam arti menetapkan arah dan mengelola proses organisasi secara makro untuk mendapatkan hasil yang seoptimal mungkin dari sumberdaya yang ada. Kemampuan seorang administrator bisnis bukan semata-mata diukur dari seberapa efisien dan efektif ia memimpin, melainkan pertanyaan yang lebih mendasar.
Kata Kunci: Administrasi bisnis, strategi pengembangan usaha

Keywords


administrasi bisnis; pengembangan usaha

References


Brian R. Ford, Jay M. Bornstein dan Patrick T. Pruitt, The Ernst & Young Business Plan, penerjemah Irma Andriani, Jakarta: PT Cahaya Insani Suci, 2008

Diah Tuhfat Yoshida, Arsitektur Strategik: Sebuah Solusi Meraih Kemenangan dalam Dunia yang Senantiasa Berubah, Jakarta: PT Elex Komputindo Kelompok Gramedia, 2004

Harmaizar, Menangkap Peluang Usaha, Bekasi: CV Dian Anugerah Prakasa, 2003

Haryadi, Administrasi Perkantoran, Jakarta: Visimedia, 2009

Kustoro Budiarta, Pengantar Bisnis, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2009

Mardani, Hukum Bisnis Syariah, Jakarta: Prenadamedia Group, 2014

Ma’ruf Abdullah, Wirausaha Berbasis Syari’ah, Banjarmasin: Penerbit Antasari Perss, 2011

Marihot Tua Efendi Hariandja, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002

M. Tohar, Membuka Usaha Kecil, Yogyakarta: Kanisius, 2000

Rachmat, Manajemen Strategik, Bandung: CV Pustaka Setia, 2014

Ricky W. Griffin, Manajemen Jilid I, alih bahasa Gina Gania, Ed. Wisnu Chandra Kristiaji, Jakarta: Erlangga, 2004

Silalahi, Ulber. Metode Penelitian Sosial. Bandung; PT. Refika Aditama, 2009


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.