AL-KHIYAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM JUAL BELI ONLINE

Orin Oktasari(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Al-khiyar dan Implementasinya dalam Jual Beli online, Khiyar merupakan hak pilih bagi penjual dan pembeli untuk melanjutkan atau membatalkan akad jual beli yang dilakukannya. Jual beli dibolehkan dalam Islam untuk memenuhi hajat pembeli memiliki barang dan jasa juga memenuhi hajat penjual mendapatkan keuntungan. Jual beli online merupakan proses jual beli, pertukaran produk, jasa dan informasi melauli internet . Adanya hubungan yang secara langsung antara jaringan komputer dengan jaringan yang lainnya maka sangat memungkinkan untuk melakukan satu transaksi langsung melalui jaringan komputer. Transaksi langsung inilah yang kemudian disebut dengan transaksi online. Khiyar ditetapkan dalam Islam untuk menjamin kerelaan dan kepuasan timbal balik bagi pihak-pihak yang melakukan akad dalam suatu jual beli. Prakteknya khiyar tidak dilaksanakan dengan baik pada tarnsaksi jual beli, bahwa penjual tidak mau melayani pembeli yang complaint terhadap mutu barang yang telah dibeli atau berbeda dengan yang diinginkan dan tidak mau menerima atau mengganti barang tersebut. Hak khiyar yang tidak terlaksana pada jual beli ini membuat pembeli lebih berhati-hati dalam bertransaksi agar tidak menyesal ketika telah terjadi akad jual beli.
Kata kunci : Al-Khiyar, Jual beli Online

References


Abdulrahman Al-Jaziri, (1994). Fiqh Empat Mazhab: Bagian Ibadah , Jld.III, (Terj. Moh. Zuhri, Dipl. Tafl Dkk). Semarang: CV. As-Syifa’.

Abdul Rahman, (2010).Fiqh Muamalat Jakarta: Kencana.

Abdul ‘Azhim bin Badawi al-Khalafi, (2006).Al-Wajiz Fi Fiqhis Sunnah Wal Kitabil ‘Aziz. Jakarta: Pustaka as-Sunnah

Amir Syarifuddin, (2013) Garis-Garis Besar Fiqh Bogor : Kencana.

Badruddin Al-Aini al Hanafi, (2005) Umdatul Qari Syarhu Shai al Bukhari, (Digital Library, al-maktabah al-Syamilah al-Isdar al-Sani) XVII/289

Imam Mustofa, (2016) .Fiqh Muamalah Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Imam Mustofa, (2012) Transaksi Elektronik (E-commerce) dalam Perspektif Fikih (Pekalongan: STAIN Pekalongan, Volume 10.

Muhammad Syafi’i Antonio, (2017) Bank Syari’ah,. Jakarta: Gema Insani,.

Muslich, (2010). Etika Bisnis Islami, Yogyakarta: Ekonisia Fakultas EkonomiUII.

Nasrun Haroen, (2007). Fiqh Muamalah, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Oni Sahroni dan M. Hasanudin, ( 2016). Fikih Muamalah : Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,.

Rozalinda, (2016) Fiqh Ekonomi Syari’ah: Prinsip dan Implementasi pada sektor keuangan syari’ah, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,.

Sudarsono, (2001) Pokok-Pokok Hukum Islam, Cet. II, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Wahbah Az-Zuhaili, (2011) Fiqh Islam Wa Adillatuhu, Ter. Abdul Hayyie Al Kattani Dkk,.Jakarta: Gema Insani


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.