PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Fitri Raya(1),


(1) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Corresponding Author

Abstract


Zakat jika dikelola dengan sistem dan manajemen yang professional dan modern bisa menjadi pemicu gerakan ekonomi di masyarakat yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat itu sendiri. Kewajiban zakat dalam Islam memiliki makna yang sangat fundamental, selain berkaitan erat dengan aspek-aspek ketuhanan, juga berkaitan erat dengan aspek ekonomi dan sosial. Pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan. Sebagai proses, pemberdayaan adalah serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat. Sebagai tujuan, maka pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial yaitu masyarakat yang berdaya. Optimalisasi pemberdayaan merupakan cara bagaimana agar elemen yang ada dalam konsep pemberdayaan itu dapat dilaksanakan dengan baik yang pada akhirnya akan memberikan dampak yang positif bagi kemaslahatan dan kemajuan ekonomi masyarakat secara umum. Pemberdayaan ekonomi masyarakat adala perwujudan dan peningkatan harkat dan martabat lapisan masyarakat untuk melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan. Bentuk konkretnya adalah meningkatkan kemampuan dan kemandirian ekonomi masyarakat.Dalam rangka mengelola dan memberdayakan potensi dana zakat sebagai kakuatan ekonomi umat kehadiran Lembaga Keuangan Syariah di tengah masyarakat menjadi sangat penting, karena Lembaga Keuangan Syariah berpijak pada nilai-nilai Islam yang salah satu fungsinya adalah sebagai lembaga yang memiliki fungsi sosial. Keberadaan lembaga keuangan syariah yang memiliki dua fungsi yaitu fungsi komersil dan fungsi sosial, maka memberikan ruang kepada lembaga keuangan syariah untuk mampu mengelola dana sosial tersebut dengan baik. Sehingga tujuan bersama dalam memberdayakan ekonomi masyarakat dapat terwujud dengan baik.

Kata Kunci; Permberdayaan, Zakat, Lembaga Keuangan Syariah

Keywords


Permberdayaan; Zakat; Lembaga Keuangan Syariah

References


Afrina, Dita. Manajemen Zakat di Indonesia Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Umat, EkBis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Antonio, Syafi’i. Bank Syariah: dari Teori ke Praktik, Jakarta: 2001, Gema Insani Press.

Asnaini, Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam, Yogyakarta: 2008, Pustaka Pelajar.

Basyid, Ekonomi Kemasyarakatan: Visi dan Strategi Pemberdayaan Sektor Ekonomi Lemah, Malang: 2012, uin Maliki Press.

Dahlan, Dahnila. Bank Zakat; Pengelolaan Zakat Dengan Konsep Bank Sosial Berdasarkan Prinsip Syariah, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 2, Juli - Desember 2018.

Ihda Falihah, Eti. 2007, Peran BMT dalam Pemberdayaan Usaha Mikro (Studi Kasus di Koperasi BMT-MMU Kraton Sidogiri Pasuruan), Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang.

Mhd. Ali, Nuruddin. Zakat Sebagai Instrumen Dalam Kebijakan Fiskal, Edisi Ke-1, Jakarta: 2006, PT. Raja Grafindo Persada Press.

Suharto, Edi. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat; Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial, Cet. ke-4, Bandung: 2010, PT Refika Aditama.

Suharto, Edi. Kemiskinan & Perlindungan Sosial di Indonesia; Menggagas Model Jaminan Sosial Universal Bidang Kesehatan, Cet. ke-1, Bandung : 2009, Alfabeta.

Qardawi, Yusuf. Hukum Zakat, Bandung: 2000, PT. Pustaka Utera Antar Nusa


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.