STRATEGI MENINGKTKAN DAYA BELI KONSUMEN MENGUNAKAN E-COMMERCE PADA TOKO RITEL BENGKULU

Artun Lakitra(1), M Ekhsani(2), Feri Hendrawan(3), Desi Isnaini(4), Yetti Afrida Indra(5),


(1) IAIN Bengkulu
(2) IAIN Bengkulu
(3) IAIN Bengkulu
(4) IAIN Bengkulu
(5) IAIN Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Abstract :

E-commerce is an important part of online media sales. The implementation of a strategy in sales is an important role that shop owners must have, but no strategy in achieving sales will have fatal consequences for the ongoing store business. The research was conducted to see what strategies were carried out to increase the purchasing power of consumers in retail stores by using e-commerce media as a product marketing medium in the city of Bengkulu. What strategies are used by each retail store with different types of products in sales. In this study using descriptive qualitative methods. The research results show that the shops have different strategies in marketing their products by using e-commerce media in increasing consumer purchasing power and the results obtained vary from the 4 retail stores where the research was carried out, which increased rapidly, was stable, and decreased. in the level of consumer purchasing power. This research was conducted to increase the purchasing power of consumers at retail stores in the city of Bengkulu by using e-commerce media.

Keywords : Marketing strategy, consumer purchasing power, E-commerce, digital marketing.

 

Abstrak :

E-commerce menjadi salah satu bagian penting dalam penjualan melalui media online. Penerapan strategi dalam penjualan merupakan peran penting yang harus dimiliki oleh pemilik toko, apabila tidak ada strategi dalam pencapain penjualan akan berakibat fatal pada usaha toko yang sedang berjalan. Adapun penelitian ini dilakukan guna melihat strategi-strategi apa yang dilakukan untuk meningkatkan daya beli konsumen pada toko ritel dengan mengunakan media e-commerce sebagai media pemasaran produk di kota bengkulu. Strategi-strategi apa saja yang digunakan oleh masing-masing toko ritel dengan jenis produk barang yang berbeda dalam penjualan. Dalam penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing toko memiliki strategi yang berbeda dalam memasarkan produknya dengan menggunakan media e-commerce dalam meningkatkan daya beli konsumen dan hasil yang diperoleh pun berbeda-beda dari ke 4 toko ritel yang dilakukan penelitian ada yang meningkat pesat, stabil, dan menurun dalam tingkat daya beli konsumennya. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan daya beli konsumen pada toko ritel di kota bengkulu dengan menggunakan media e-commerce.         

Kata Kunci : Strategi pemasaran, daya beli konsumen, E-commerce, digital marketing

Keywords


Strategi pemasaran; daya beli konsumen; E-commerce; digital marketing

References


Andi Amri. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA.” URNAL BRAND 2, no. 1 (2020): 123–130.

Nanik Susanti, “Perancangan E-Marketing Umkm Kerajinan Tas,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 9, no. 1 (2018): 717–722.

Anugrah, Royan Jalauseta. “Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh Umkm Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).” Jurnal MANOVA 2, no. 2 (2020): 55–65.

Margaret, Eva, Sarah Nainggolan, and Katherine Felicia Oeilliam. “PENGARUHMEREK DAN IKLAN TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN DI PT INDAKO TRADING COY KRAKATAUMEDAN (Studi Kasus Pada Konsumen Honda Yang Membeli Unit CB150 ).” Jurnal Mutiara Manajemen 4, no. 2 (2019): 367–378.

Pomantow, Rinaldy A P, Willem J F A Tumbuan, Sjendry S R Loindong, Jurusan Manajemen, Universitas Sam, and Ratulangi Manado. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP DAYA BELI BAHAN BAKAR JENIS PERTALITE (STUDI PADA KONSUMEN PT. PERTAMINA (PERSERO) MANADO).” Jurnal EMBA 7, no. 1 (2019): 521–530.

Mubarok, Dadan Abdul Aziz. “Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung) Dadan.” JURNAL INDONESIA MEMBANGUN 15, no. 3 (2016): 61–76.

Shandy Aditya, Rahmi, Dedi Purwana. “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO , KECIL , DAN MENENGAH ( UMKM ).” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 1 (2017): 1–17.

Dewi Irmawati, “PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM BISNIS,” Jurnal ilmiah orasi bisnis VI, no. VI (2011): 95–112.

Muhamad malik akbar rohandi, “Effectiveness C2C E-Commerce Media In Bandung (Case study at Tokopedia.com and Bukalapak.com)’’, 2012.

Hartiwi Prabowo; Darman; Enny Noegrahen, Analisis Kepercayaan Dalam C2c E-Commerce terhadap K Eputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Repurchase Pada Kaskus, Binus Business Reviewvol. Vol.5 No. 1 Mei 2014: 301-314

Rina Rachmawati, Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran), urnal Kompetensi Teknik Vol. 2, No. 2, Mei 2011

Nunik Setiyo Utami, “Analisa Kinerja Sektor Ritel Indonesia” 1, no. 1 (2018): 43–49.

PINTO JAYA and ADIL FADILLAH SRI BAWONO, “Analisis Strategi Usaha Ritel Ukm Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Ukm Toko Mojang Fashion” (n.d.).

Tri Joko Utomo, “SALURAN PEMASARAN The Function and the Role of Retail Business in Marketing Line,” Fokus Ekonomi 4, no. 1 (2009): 44–55.

Anugrah, “Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing Oleh Umkm Dalam Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Corona Viruses Disease 2019 (Covid-19).”

Abdurrohman Kasdi, “PERMINTAAN DAN PENAWARAN DALAM MEMPENGARUHI PASAR (Studi Kasus Di Pasar Bintoro Demak),” Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 4, no. 2 (2016): 19–34.

Shabur Miftah Maulan Heru Susilo, Riyad, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE (STUDI KASUS PADA TOKO PASTBRIK KOTA MALANG) Shabur,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29, no. 1 (2015): 1–9.


Article Metrics

Abstract View : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.