FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

Trisna Taufik. D(1), Miko Polindi(2), Yani Aguspriyani(3),


(1) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
(2) IAIN Bengkulu
(3) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi telah membawa banyak manfaat dan memberikan kemudahan dalam segala aspek kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan teknologi, satu per satu kegiatan manusia mulai didukung dengan penggunaan teknologi termasuk kegiatan manusia dalam bidang ekonomi. Salah satu kegiatan manusia dalam bidang ekonomi yang dapat mendorong kemajuan perekonomian suatu Negara adalah kegiatan usaha. Dalam dunia usaha khususnya pada skala UMKM, kebutuhan akan kecukupan modal sangatlah penting dalam rangka untuk memajukan usaha. Salah satu pilihan bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan kredit pembiayaan adalah dari bank, namun pembiayaan dari bank harus dengan menyertakan agunan atau jaminan, disamping itu biaya kredit bank tergolong mahal sehingga kurang menguntungkan para pelaku usaha. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, sektor finansial pun ikut mengadopsi teknologi dalam operasionalnya, sehingga muncullah istilah teknologi finansial atau lebih dikenal dengan fintech. Teknologi finansial menyediakan berbagai layanan jasa keuangan seperti pembayaran, investasi, maupun pembiayaan yang semuanya itu didukung dengan sistem digital sehingga proses pelayanan dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan murah. Salah satu layanan dari perusahaan fintech yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan pembiayaan adalah palform peer to peer lending atau P2P lending. Platform P2P lending akan mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang mempunyai kelebihan dana, dengan biaya yang relatif  murah dan cepat, serta pelayanannya dapat dilakukan dengan mudah secara online. Dengan demikian, penyaluran kredit melalui fintech akan memberikan keuntungan bagi para pelaku usaha terutama para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan usahanya sehingga dapat meningkatkan perekonomian para pelaku usaha kecil.

 


Keywords


Fintech; UMKM.

References


Budi Raharjo, Khairul Ikhwan, Alkadri Kusalendra Siharis, “Pengaruh Fintech Technology (Fintech) Terhadap Perkembangan UMKM Di Kota Magelang,” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, 2019, h. 348

Darmawansyah, Trisna Taufik, and Yani Aguspriyani. "Implementasi Fintech Syariah di PT. Investree Ditinjau Berdasarkan Fatwa DSN-MUI No: 117/DSN-MUI/II/2018 tentang Layanan Pembiayaan Berbasis Teknologi Informasi Berdasarkan Prinsip Syariah." Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3.2 (2019): 215-222.

Ladi Wajuba Perdini Fisabilillah, Nurul Hanifa, “Analisis Pengaruh Fintech Lending Terhadap Perekonomian Indonesia,” Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, Vol.1, hal. 158, Januari/2021.

Muhamad Rizal, Erna Maulina, Nenden Kostini, ” Fintech Sebagai Salah Satu Solusi Pembiayaan Bagi Umkm,” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan., Vol.3, hal. 94-95, Agustus/2018.

Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, dkk. Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis, 2020, hal. 3-11.

Republik Indonesia. Undang-Undang No. 20 tahun 2008 tentang UMKM.

Situs resmi OJK (otoritas jasa keuangan). www.ojk.go.id.

Wahid wachyu adi Winarto, “Peran Fintech Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)”, Jurnal ekonomi & ekonomi syariah, vol.3, hal: 61-70, 1 Januari /2020.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.