PROGRAM PEMBINAAN PENGAWAS PADA POKOK BAHASAN MATEMATIKA EKONOMI DI SMA N 7 REJANG LEBONG

Susi Susi(1),


(1) SMA N 4 Rejang Lebong
Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Profesionalisme pengawas sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas memberikan layanan supervisi akademik bagi guru, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pokok bahasan Matematika ekonomi menjadi salah satu hal yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan cara pengawas dalam membina guru matematika pada pokok bahasan matematika ekonomi. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan informan satu orang pengawas matematika pada Sekolah SMAN 7 Kabupaten Rejang Lebong melalui supervisi akademik. Hasil penelitian ini menunjukkan program pembinaan pengawas pokok bahasan matematika ekonomi dilakukan dengan program “smarter” dan program pengawasan berjalan baik, yang dapat dilihat keaktifan guru mengikuti program ini dengan diskusi, dan tanya jawab, serta penguasaan guru terhadap materi termasuk dalam kategori baik, dilihat dari hasil pos tes yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada pengawas untuk melaksanakan program pembinaan lebih sering lagi, sehingga guru memiliki wadah sebagai solusi permasalahan di Sekolah. Rekomendasi lainnya bagi Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu khusus bidang matematika untuk fokus pada pelaksanaan volume kehadiran dan peningkatan frekuensi pembinaan pengawas.
Kata Kunci: Program pembinaan, pengawas, matematika ekonomi

Abstract
Professionalism of supervisors is needed in carrying out the task of providing academic supervision services for teachers, so as to create an active, innovative, creative, effective, and fun learning atmosphere. The subject of economic mathematics is one of the things needed to solve problems related to economics. The purpose of this study was to describe the way supervisors guide mathematics teachers on the subject of economic mathematics. The design of this research is descriptive qualitative, with the informant being one mathematics supervisor at the School of SMAN 7 Rejang Lebong Regency through academic supervision. The results of this study indicated that the program for supervisors on the subject of economic mathematics is carried out with the “smarter” program and the supervision program is running well, which can be seen from the active teachers participating in this program with discussions and questions and answers, as well as teachers' mastery of the material which is in the good category post test results given. Based on the results of the research, it is recommended that supervisors carry out the coaching program more frequently, so that teachers have a forum as a solution to problems in schools. Another recommendation for the Rejang Lebong Regency Government and the Bengkulu Province Education and Culture Office specifically in the mathematics sector is to focus on implementing attendance volume and increasing the frequency of supervisor guidance.
Keyword: Construction programs, supervisors, economic mathematics

Keywords


Program pembinaan; pengawas; matematika ekonomi

References


Arif, M. (2016). Pengaruh pembinan pengawas terhadap kometensi guru. Jurnal UNMES, Vol 6, No 2: 115-125

Farhan (2017). “Program smarter dalam pembinaan pengawas terhadap guru matematika”. Jurnal Ilmu Sosial, Vol 4, No 2: 45-56.

Marlina, E., & Ruhiat, D. (2018). Penerapan sub pokok fungsi pada matematika ekonomi terhadap fungsi permintaan dan fungsi penawaran. AKURAT, Jurnal Ilmiah Akuntansi, Volume 9, Nomor 2: 90-96.

Muttaqin, I. (2017). Peningkatan profesionalisme guru melalui pengawas madrasah (studi kasus pada kementerian agama kota pontianak). Modeling: Jurnal Program Studi PGMI.

Nur, M. T. (2010). Optimalisasi Peran pengawas sekolah dan fasilitasi oleh lembaga penjaminan mutu pendidikan [optimization of role of school supervisor and facilitation of education quality assurance board]. Jurnal Guru Membangun.

Pearson, M., & Brew, A. (2002). Research training and supervision development. Studies in Higher Education.

https://doi.org/10.1080/03075070220119986c

Stephens, S. (2014). The supervised as the supervisor. Education and Training. https://doi.org/10.1108/ET-10-2012-0095


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.