PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DALAM PENGOLAHAN KOPI BUBUK DI KABUPATEN KEPAHIANG PROVINSI BENGKULU

Rahmat Alhidayat(1), Riski Liyanti(2),


(1) STIA Bengkulu
(2) Pemda Propinsi Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) pada pengembangan industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang, merumuskan strategi pengembangan industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari pelaku industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang pada tahun 2015 dan data sekunder yang diperoleh atau dikumpulkan dan disatukan oleh studi- studi sebelumnya atau yang diterbitkan oleh berbagai instansi lain dengan menggunakan alat analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor internal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang adalah; 1) Faktor Kekuatan (produk yang bernilai ekonomis dan berdaya saing tinggi, sistem kekeluargaan, merk dagang yang sudah terkenal, kualitas produk, akses bahan baku, tenaga kerja); 2) Faktor kelemahan (teknologi produksi, tenaga kerja terampil (sdm), kapasitas produksi, promosi produk, pemasaran, modal usaha), untuk faktor eksternal dalam strategi pengembangan yang digunakan oleh industri kecil pengolahan kopi bubuk di Kabupaten Kepahiang adalah; 1) Faktor peluang (tersediannya akses permodalan, tersedia pembinaan dari instansi dinas terkait, organisasi industri, jumlah penduduk, upah tenaga kerja, stabilitas ekonomi); 2) Faktor ancaman (ketersediaan bahan baku, harga bahan baku, produk sejenis, kopi sachet instant, tarif dasar listrik dan bahan bakar, sertifikasi produk). Hasil penilaian faktor internal didapatkan nilai 0,35. Penilaian faktor eksternal didapatkan nilai -0,11. Dari nilai tersebut dapat diketahui strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah strategi ST (Strenghts- Threats), yaitu; 1) Menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan; 2) Meningkatkan kegiatan promosi dan periklanan; 3) Inovasi produk; 4) Penerapan standar mutu produk

 

Kata Kunci:    Strategi, Pengembangan, Industri Kecil, Analisis SWOT

Keywords


Strategi, Pengembangan, Industri Kecil, Analisis SWOT

References


Afrida, Rica. 2015. Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk di Kabupaten Kepahiang. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta. PT Rhineka Cipta.

ANTARA Bengkulu. 2013. Kopi Bengkulu Diminati Perusahaan Luar Daerah. Berita ANTARA Bengkulu, Jumat, 29 Maret 2013).http:// http://www.antarabengkulu.com/berita

Badan Perencanaan Pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang, 2015. Kajian Strategi Pengembangan Faktor Internal Perekonomian Kabupaten Kepahiang. Bengkulu.

Badan Pusat Statistik. 2013. Bengkulu Dalam Angka, Bengkulu. Provinsi Bengkulu.

Bustaman, Umi Salwa Ahmad. 2010. Growth Strategies among Small and Medium Enterprises – Case of Malay Entrepreneurs. Journal of Small Business Management, 36 (4).

Bouyssou, D., Marchant, T., Pirlot, M., Tsoukias, A. And Incke, P. 2006. Evaluation and Decision Models With Multiple Criteria. Springer-Verlag, Inc. New York.

Depatemen Perindustrian, 2009. Peran Industri Kopi Bagi Peningkatan Kontribusi GDP Indonesia. Jakarta. Temu Karya Kopi VI. 16 November 2009.

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, 2016. Data IKM Kopi Kab/Kota Se-Provinsi Bengkulu. 2016. Bengkulu.

Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu. 2015. Statistik Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Tahun 2015. Bengkulu.

Gregory, A, dan Featherstone, A. M. 2008. Nonparametric Efficiency Analysis For Coffe Farms in Puerto Rico, Selected Paper Prepared For Presentation At The Southern Agricultural Economics Association Annual Meeting, Dallas.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Sriyana, Jaka. 2010. Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (Ukm): Studi Kasus Di Kabupaten Bantul. Yogyakarta. Fakultas Ekonomi. UII.

www.aeki-aice.org

www.kepahiangkab.go.id


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 228 times
PDF Download : 471 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.