TEORI TRANSFORMASI SUBSTANSIAL (HARAKAH AL JAUHARIYAH) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Biiznillah Biiznillah(1), Qolbi Khoiri(2),


(1) IAIN Bengkulu
(2) IAIN Bengkulu
Corresponding Author

Abstract


Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan Teori Transformasi Substansial (Harakah Al Jauhariyah) Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter, pembahasan ini didasarkan pada pendapat Sadra yang menjelaskan bahwa pengetahuan (al ilm) dan realitas (al wujud) adalah satu kesatuan yang hadir dalam lokus jiwa. Sadra juga memandang bahwa setiap gerak dari jiwa adalah refleksi dari kehidupan itu sendiri (al-hayah hiya al-nafs) sehingga dapat dimengerti kenapa setiap gerak dari jiwa memunculkan dampaknya bagi setiap individu berupa munculnya pengetahuan dan bangkitnya karakter. Masalah yang diangkat adalah bagaimana transformasi jiwa manusia serta hubungannya dengan Pendidikan Karakter menurut Mulla Sadra. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan mengacu pada literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dilihat dari sudut pandang teori transformasi subtansial (al harakah jawharial), Pendidikan karakter adalah upaya untuk berinteraksi dengan jiwa manusia dan melejitkan potensinya. Sebagai moment interaksi antara jiwa, maka upaya pendidikan karakter harus dilihat sebagai interaksi dua pihak (pendidik dan peserta didik) yang terlibat dalam proses transformasi secara berkesinambungan


Kata Kunci:
Filsafat, Transformasi, Substansi Jiwa, Pendidikan, Karakter

Keywords


Filsafat;Transformasi;Substansi Jiwa;Pendidikan, Karakter

References


Arthur Schopenheur ( London. 2011. The Project Gutenberg Ebook). The World As Will And Idea Vol. 1 of 2.

Avicenna, terj. Michel Marmura (Provo: Brigham Young University Press, 2005), The Metaphysics of The Healing

Ed. Mustamin al mandari Jakarta. 2003. Penerbit Safinah. Menuju Kesempurnaan.

Eyad Al Kutubi. (New York. 2015. Routledge) Mulla Sadra and Eschatology Evolution of Being. Hal.2 Asfar Vol.1

Eyad Al Kutubi. (New York. 2015. Routledge) Mulla Sadra and Eschatology Evolution of Being.

FW. Froerter (Jurich.1809. Digital Re-published by Harvad University) Schule und Charakter: Beiträge zur Pädagogik des Gehorsams und zur Reform der Schuldiziplin.

Ibn Sina. (Cairo. 1119. Dar al-ma’ruf). Isyarat Wa Tanbihat

Ibrahim Kalin, (England.2010. Oxford University Press). Knowledge in Later Islamic Philosophy: Mulla Sadra on Existence, Intellect, and Intuition.

M. S. Gillet, Benjamin Green, (New York. 1914. Irish Jesuit Province). Education of Character.

Mansurotu Ittihad Kitabul Arobi. Ilmu ad-dalalah

Muhammad Kamal, (USA.2006. Ashgate Publishing) Mulla Sadra’s Transcendent Philosophy.

Mulla Sadra. Terj. Parvin Poerwani (UK. 2008.ICASpress). Spritual Psychology; Fourth Intelectual Journey in Transcendent Philosophy. Volum XIII &IX of the Asfar.

Perpres (Setkab. 2017, Salinan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195 ) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Pasal 1

Solihin. (Mataram. 2010. Jurnal Ulumuna) Al-Hikmah Al-Muta‘Âliyyah Pemikiran Metafisika Eksistensialistik Mulla Shadra. Vol. XIV. No. 1

Stephen J.Faringa. et al. (Melbourn. 2015. Routledge) Encyclopedia of Education and human Development.

Syaikh Muhammad Zainudin al ahsa’i. (beirut. 2005. Muasasat Syams Hajr). Syarhul Arsiyah Syaikh Muta’alihin


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.